PT Pertamina (Persero) memperkuat komitmennya dalam menyediakan layanan informasi yang terbuka, edukatif, dan inklusif bagi masyarakat. Langkah terbaru ini diwujudkan dengan penyediaan ruang baca publik yang terintegrasi dengan layanan informasi publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pertamina.
Fasilitas Ruang Baca Terintegrasi
Ruang baca publik ini berlokasi strategis di area layanan informasi publik Pertamina dan terhubung langsung dengan Perpustakaan Ibnu Sutowo di Kantor Pusat Pertamina, Medan Merdeka, Jakarta. Keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang mengakses informasi.
VP Corporate Communication Pertamina, Muhammad Baron, menjelaskan bahwa pengembangan fasilitas ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mendorong keterbukaan informasi publik sekaligus memperkuat budaya literasi di kalangan masyarakat.
“Kami ingin memastikan masyarakat tidak hanya memperoleh informasi yang transparan dan akuntabel, tetapi juga mendapatkan ruang membaca yang nyaman dan edukatif. Kehadiran ruang baca ini menjadi wujud komitmen Pertamina dalam membangun ekosistem literasi edukasi kepada masyarakat,” ujar Baron, dalam keterangan tertulis, Jumat (26/12/2025).
Dukungan Terhadap SDGs dan Keterbukaan Informasi
Menurut Baron, inisiatif penyediaan ruang baca publik ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya pilar pendidikan berkualitas. Selain itu, inisiatif ini juga mendukung implementasi keterbukaan informasi publik di lingkungan Pertamina.
Baron menambahkan, kehadiran ruang baca publik ini menegaskan peran Pertamina yang tidak hanya sebagai perusahaan energi nasional, tetapi juga sebagai mitra strategis dalam pembangunan bangsa. Pertamina secara aktif memperkuat literasi, transparansi, dan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program.
“Kehadiran ruang baca ini menjadi sarana edukasi dan literasi bagi masyarakat yang membutuhkan akses informasi seputar Pertamina dan sebagai fasilitas tambahan bagi publik,” terangnya.
Ruang baca publik tersebut menyediakan beragam bacaan informatif, termasuk majalah Energia Pertamina. Majalah ini secara khusus mengedukasi masyarakat mengenai aktivitas, kinerja, inovasi, serta kontribusi Pertamina dalam mendukung ketahanan energi nasional.
Akses dan Jam Operasional
Layanan informasi publik ini beroperasi setiap Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk dapat berkunjung, pengunjung diwajibkan melakukan registrasi data melalui aplikasi mobile layanan informasi publik Pertamina yang dapat diunduh melalui Play Store.
Sebagai perusahaan pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060. Perusahaan terus mendorong program-program yang berdampak langsung terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Upaya ini sejalan dengan transformasi Pertamina yang berorientasi pada penguatan tata kelola, pelayanan publik, serta keberlanjutan usaha dan lingkungan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional perusahaan.






