Kuliner Legendaris Soto Mie Bogor Memiliki Cita Rasa Khas Tersendiri

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 15:48 WIB

JendelaIndonesia. Id

 

Hello, para kuliner lovers!

     Kuliner di Indonesia memang memiliki banyak macam kuliner khas disetiap daerahnya, rasanya yang lezat kaya akan rempah. Enggak akan ada habisnya menyicip setiap makanannya. Ada salah satu kota yang punya kuliner khas yang di kenal banyak orang, bahkan pengunjung dari luar kota pun berdatangan hanya sekedar untuk menyicip makanan berkuah tersebut. Makanan itu bernama Soto Mie Bogor kuliner khas dari kota hujan ini.

Soto Mie Bogor merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang memiliki isi begitu lengkap dan bermacam-macam dibanding yang lain, bahannya banyak disajikan dalam satu mangkuk. Soto Mie Bogor merupakan campuran berbagai bahan, seperti mie kuning atau bihun, daging sapi, kikil, babat, risol atau karoket, kentang, lobak rebus, tomat, dan kubis yang disajikan dengan kuah kaldu dan taburan daun bawang, seledri, irisan jeruk nipis, dan kerupuk emping sebagai sebuah topping.

Kuah Soto Mie Bogor terlihat kemerahan dan berwarna coklat yang timbul dari campuran cabai merah dan bumbu lainnya. Bisa disajikan juga dengan nasi putih hangat yang ditaburi bawang goreng, terkadang nasi putih dibungkus daun pisang sehingga memiliki aroma khas, menambah cita rasa tradisional yang kuat.

Rasa Soto Mie Bogor yang gurih bikin nagih ini kaya akan bumbu yang menjadi ciri khas tersendiri. Kuahnya yang gurih, cenderung pedas, dan sedikit asam dari perasan jeruk nipis yang menambah rasa segar. Ada mie kuning sebagai bahan baku utama, teksturnya sedikit kenyal, lembut, dan mudah hancur. Lebih pedas bila disajikan dengan sambal yang merupakan campuran cabai rawit merah dan cuka, dan jika ingin sedikit lebih manis bisa ditambahkan kecap manis.

Kemudian, sensasi renyah dan gurih dari risol goreng berisi bihun yang disiram kuah kaldu panas membuat rasanya semakin nikmat. Kikil memiliki tekstur daging yang kenyal dan lembut menambah sensasi khasnya. Kerupuk emping sebagai topping memiliki rasa yang cukup enak seperti perpaduan rasa yang legendaris dengan kerupuk emping ini namun rasanya yang sedikit pahit, tak heran bila penikmat kuliner jarang menambahkan emping.

Makanan ini memiliki nutrisi yang lengkap dan baik, berbagai varian sayuran dan daging seperti lobak, kentang, tomat, dan kubis lalu daging sapi dan kikil yang memenuhi kebutuhan serat, protein, dan lemak. Makanan berkuah yang satu ini saling melengkapi dari segi rasa dan sumber vitaminnya.

Halaman:

Editor: Wildan F Mubarock

Tags

Terkini

Resep Telur Congkel Jajanan SD

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:07 WIB

Wajib Coba! Seafood Murah Mulai dari 10 ribu

Selasa, 24 Januari 2023 | 06:14 WIB

Apa itu P3K? Dan Apa Bedanya Dengan ASN Dan PNS?

Senin, 23 Januari 2023 | 23:17 WIB

Dadar Jagung Tepung Ketan Ala Rudy dan Sahabat

Minggu, 22 Januari 2023 | 10:33 WIB

Menu Kalap Nambah Nasi: Ikan Cue Cabe Ijo

Minggu, 22 Januari 2023 | 09:31 WIB

Fakta Kasus Satu Keluarga Bekasi

Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:28 WIB

Ridwan Kamil : Jangan Menghadang Bantuan

Sabtu, 26 November 2022 | 10:10 WIB

7 Alat Musik Tradisional Khas Indonesia di Jawa Barat

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 09:36 WIB

AGAMA YANG ADA DI INDONESIA

Jumat, 21 Oktober 2022 | 19:40 WIB

Ragam Tradisi Unik Masyarakat Indonesia

Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:34 WIB

5 Kerajinan Tangan yang Mendunia di Indonesia

Rabu, 5 Oktober 2022 | 08:28 WIB

KaBangunKa: Kafe Hit di Bogor Bernuansa Kekinian

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:41 WIB

Nuansa Asri Pedesaan di Kampoeng Wisata Cinangneng

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:40 WIB
X