• Minggu, 4 Desember 2022

Sukses Menyelenggarakan KTT G20 Di Bali, Indonesia Banjir Pujian Dan Keuntungan.

- Jumat, 18 November 2022 | 10:48 WIB
Sukses menyelenggarakan KTT G20 Bali, menjadikan Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat dunia secara luas. (Instagram @g20org)
Sukses menyelenggarakan KTT G20 Bali, menjadikan Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat dunia secara luas. (Instagram @g20org)

JendelaIndonesia.Id-Setelah berbagai persiapan, akhirnya pemerintah Indonesia sudah mencapai puncaknya dalam menyelenggarakan KTT G20 dan digelar dengan sukses. Hampir seluruh pemimpin negara hadir di pulau Bali. Selain menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi, para petinggi negara juga tampak menikmati serangkaian acara ini. Meski sudah ditutup dan estafet sudah diserahkan ke pemerintah India. Para tamu dari berbagai negara pun memuji Indonesia atas jamuan yang luar biasa tersebut,

Salah satunya Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach memuji Indonesia ketika menghadiri jamuan makan siang di Bamboo Dome di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali. Ia megatakan, tema KTT G20 seusai dengan moto baru IOC, yang jelas selaras menggemakan semangat Olimpiade.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pun menyampaikan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo atas perannya dalam Presidensi G20. Keduanya telah bertemu di The Apurva Kempinski, pada Senin 14 September 2022.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan gestur hormat dengan mengangkat tangan kanan sejajar kening ketika menemui Presiden Jokowi saat tiba di The Apurva Kempinski, lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Pemerintah Rusia, melalui Kementerian Luar Negeri, sebelumnya juga menyuarakan rasa hormatnya atas Presidensi Indonesia pada G20 karena membawa pesan pemersatu. Tak hanya para pejabat negara, ucapan salut atas kepemimpinan Indonesia pada G20 juga disampaikan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres.

 

Guru besar hukum internasional UI Hikmahanto Juwana juga berpandangan bahwa KTT G20 ini berhasil dihelat. Ada beberapa indikatornya, sebut saja hampir semua kepala negara dan pemerintahan hadir.

Selain itu, banyak menuai apresiasi dunia di mana ada keinginan dan upaya Presiden Jokowi untuk menyelesaikan perang antara Rusia-Ukrania, meski itu masih berlangsung.

"Tidak ada negara yang kehilangan muka dalam Leaders' Declaration," ungkap Hikmahanto.

Halaman:

Editor: Wildan F Mubarock

Tags

Terkini

Sejarah Penyebaran Islam di Indonesia

Selasa, 29 November 2022 | 08:14 WIB

DPRD dan Pemkot Bogor Bahas 4 Raperda di Rapat Paripurna

Selasa, 22 November 2022 | 10:45 WIB

Lomba P2WKSS Jawa Barat, Kampung Bojong Neros Dinilai

Selasa, 22 November 2022 | 10:43 WIB
X